SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Juara PBB

30 Desember 2015
10:38:04 WIB

Siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan (STTH) di Desa Bener, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang kembali meraih juara Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Tata Upacara Bendera (TUB) tingkat Kabupaten Semarang, pekan lalu.

Keberhasilan tersebut memperpanjang prestasi STTH mempertahankan juara tingkat Kabupaten Semarang dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir ini. Tidak hanya itu, STTH bakal menjadi wakil Kabupaten Semarang dalam ajang sejenis Tingkat eks karesidenan Semarang.

Dalam lomba yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang tersebut, Peleton Pasukan Khusus Telekomunikasi Tunas Harapan (Paskusa) mampu menyisihkan 18 SMA/SMK yang mengikuti lomba itu. ”Kami mengikuti lomba ini dengan target harus mempertahankan juara yang sudah lebih dari lima tahun diikuti,” kata Danton Paskusa, Taufiq Hafidin, kemarin.

Menurutnya, lomba PBB tersebut tidak sekadar baris berbaris biasa. Mereka harus mampu melakukan atraksi PBB yang dipadukan dengan gerakan- gerakan kreatif dan bermakna sehingga terlihat indah ditonton, layaknya seni tari modern. Tidak hanya itu, perlu kekompakan dan kerapian agar atraksi PBB tidak monoton.

Di samping itu, peleton yang terdiri atas 20 siswa tersebut juga dipadukan dengan nyanyian dan pembacaan puisi. ”Kami memadukan tarian Hanoman Obong yang diselingi dengan menyanyikan lagu Indonesia Jaya serta pembacaan puisi berisi kata-kata mutiara para pahlawan,” jelas Taufiq.

Mereka memilih inovasi tersebut karena sesuai dengan tema dan maksud digelarnya lomba, yakni dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila. Untuk menyuguhkan atraksi PBB yang menarik layaknya penari tersebut, Peleton Paskusa mempersiapkannya sekitar sebulan. Dimulai dari latihan kemantapan dasar PBB, improvisasi tarian, dan mematangkan penampilan.

Nilai Sempurna

Alhasil dalam tempo 30 menit waktu yang diberikan panitia, mereka tampil tepat 29 menit. Bila lebih dari 30 menit maka akan didiskualifikasi. Peleton itu pun mampu melakukan salah satu bagian lomba yakni tata upacara bendera dengan nilai sempurna. Atraksi Peleton Paskusa yang tampil akhir dalam lomba itu pun menjadi perhatian penonton, karena enak dinikmati.

Mereka pun mendapat kabar beberapa hari setelah lomba bila dinyatakan sebagai juara dan mewakili Kabupaten Semarang pada lomba tingkat eks Karesidenan Semarang. Tahun lalu di tingkat eks Karesidenan Semarang Peleton Paskusa meraih juara 2. Adapun dalam lomba kemarin, juara 2 diraih SMA2 Ungaran dan juara 3 diraih SMK 1 Tengaran.

 

Share

0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    Artikel Terpopuler

    tunasharapan.info - Akhir tahun adalah momen paling pas
    tunasharapan.info - Apabila kita memiliki sebuah destination

    Berita Terpopuler

    tunasharapan.info - Pagi ini SMK Telekomunikasi Tunas Harapan telah
    Jakarta - Presiden Jokowi mengungkapkan rasa bangganya

    Facebook Fanpage